minion

minion

Sabtu, 17 Oktober 2015

Sinopsis Obat Esensial...

1.      Nama obat                       : Spironolakton
Nama resmi                    : SPIRONOLAKTONUM
2.   Indikasi                  : Hipertensi, edema, gagal jantung, hiperaldosteronisme          primer, Hiperaldosteronisme sekunder.
3.      Kerja obat                         : Spironolakton adalah diuretik penghemat kalium.                                                               Menghambat aldosteron, yang menstimulasi penyerapan kembali Na dan pengeluaran K (Publichealthnote.blogspot.co.id/2012/03/spironolakton-spironolaktone.html)
4.      Interaksi                : Ace inhibitor: meningkatkan resiko hiperkalemia
Alkohol: potensiasi orthostatichipotension
Barbiturat: potensi orthostatic hipotension
Digoxin: meningkat serum konsentrasi digoxin,     mungkin        toksisitas
Lithium: mereduksi klireng renal lithium; meningkatkan risiko toksitas litium.
5.      Dosis                                 : Oral 1-2 dd 25-100 mg pada waktu makan
6.      Efek samping                     : pada penggunaan lama dosis tinggi efeknya       antiadrogen dengan gynekomastre gangguan potensi dan libido pada pria, sedangkan pada wanita nyeri buah dada dan gangguan haid.
7.      Penyimpanan                     : simpan obat ini dalam suatu yang tertutup rapat, dan jauh dari jangkauan anak-anak dan letakkan pada suhu kamar dan jauh dari kelebihan panas dan kelembapan, suhu 10-30 0c.
8.      Kapan /lama diminum: diminum pada saat waktu makan, waktu tercepat 400 mg/hari selama 4 hari, waktu terlama 400 mg/hari 3-4 minggu

9.      Nama paten/dagang/ pabrik           :  ALDACTONE (Pharmacia, seorie), CARPIATION (Fahrenheit), LECTONAL (Otto), SPIROLA (Kalbe farma), YEKAPIODENTON (Yakatria)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar